Kamis, 26 April 2018

Ini Dia 5 Manfaat Utama Olahraga Rock Climbing untuk Kesehatan Anda

Ini Dia 5 Manfaat Utama Olahraga Rock Climbing untuk Kesehatan Anda

Mempunyai hobi atau kegemaran dengan melakukan ekstrim dimiliki oleh beberapa orang, salah satu yang sering dijadikan pilihan adalah rock climbing atau panjat tebing. Ini merupakan jenis olahraga yang tidak biasa, bahkan tidak semua orang dapat melakukannya. Ya, mendaki gunung tetapi tidak melewati jalur pada umumnya adalah salah satu kegiatan yang menantang. Tetapi hal itu hanya dilakukan oleh orang-orang pemberani dan kuat. Karena memanjat gunung itu memerlukan tenaga yang sangat besar, bahkan keseimbangan tubuh juga diuji jika tidak seimbang pasti akan mengalami kegagalan dengan mendapat berulang-ulang.

Panjat tebing menjadi olahraga yang cukup berbahaya, makanya tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, tempat bahkan peralatan. Semuanya harus sesuai dengan aturan, karena dampak buruk akan terjadi dan sangat fatal jika tidak Anda persiapkan dengan baik dari awal. Tetapi pada artikel ini tidak akan membahas mengenai aturan permainan atau langkah olahraga panjat tebing tersebut. Namun lebih kepada manfaat besar dibalik olahraga yang menegangkan. Nah, berikut ini 6 manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dari panjat tebing yaitu:

1. Massa otot meningkat.
Seperti yang telah dikatakan diatas bahwa olahraga panjang tebing memerlukan kekuatan otot yang besar. Hal ini secara otomatis juga akan memberikan manfaat yang besar pada otot yang mempunyai massa lebih banyak. Totalitas fisik dari mulai tangan, badan sampai dengan kaki dituntut untuk sama-sama kuat dalam waktu yang tidak sebentar. Makanya jika melakukan secara teratur pasti akan membuat otot Anda terbentuk baik dengan sendirinya.

2. Kekuatan tubuh meningkat.
Sehat atau tidaknya seseorang itu dipengaruhi oleh faktor daya tahan tubuh itu sendiri, jika Anda sering melakukan olahraga dengan rutin pasti akan memberikan daya tahan tubuh yang lebih baik. Apalagi dengan rock climbing yang memerlukan banyak kekuatan dan ketahanan tubuh luar biasa, secara tidak langsung tubuh Anda sudah terbiasa untuk lebih kuat.

3. Kinerja jantung meningkat.
Jantung merupakan organ dalam tubuh yang mempunyai fungsi sebagai pemompa darah supaya dapat mengalir dan melakukan penggantian secara teratur. Dengan panjat tebing sendiri akan memberikan sirkulasi darah Anda lebih lancar karena jantung akan bekerja lebih maksimal lagi. Hal ini secara nyata akan memberikan dampak baik pada tubuh Anda supaya lebih sehat, kuat dan segar karena darah mengalir lancar.

4. Menghilangkan stress.
Tingkat stress setiap orang itu berbeda-beda, begitu pula dengan cara mengontrolnya yang berbeda. Nah, supaya Anda terhindar dari stress yang berlebihan bisa melakukan olahraga panjat tebing secara rutin. Melewati berbagai rintangan dengan lancar melalui tebing menjadikan Anda lebih bisa mengontrol bahkan menghilangkan tingkat stress dalam tubuh dan pikiran Anda.

5. Memaksimalkan fungsi otak.
Kekuatan dan keseimbangan dalam olahraga panjat tebing bukanlah faktor utama yang menjadikan pendaki berhasil melewati rintangan. Tetapi dengan adanya strategi, perhitungan dan pengambilan keputusan yang tepatlah untuk mendorong keberhasilan seseorang melakukan aktivitas ekstrim tersebut. Makanya secara tidak langsung memanjat tebing menjadikan otak Anda bekerja semaksimal mungkin.

Nah, itulah 5 poin utama yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan rutin olahraga panjat tebing atau gunung. Tetapi jika memang Anda tidak mempunyai tingkat keberanian, keseimbangan dan ketahanan yang kuat lebih baik tidak melakukan. Karena kesehatan, kekuatan dan kesegaran pada tubuh itu tidak hanya didapatkan dari olahraga rock climbing saja tetapi juga beberapa olahraga lainnya. Yang paling utama adalah melakukan gerakan dan memberikan manfaat maksimal pada tubuh Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger